Unanswered Question

I had my philosophy class yesterday, it was quiet good. Setelah dapet pelajaran filsafat kemaren gatau kenapa kesimpulan yang gue dapet ya filsafat itu pelajaran pertanyaan, kenapa? Ya karna filsafat bukan filsafat kalo bukan pertanyaan, dari sekian banyak dalam pelajaran filsafat yang penuh pertanyaan itu muncul juga pertanyaan gue, sebenarnya apa jawaban yang dicari dari semua pertanyaan dalam filsafat? Dan pak dosen pun menjawab "pertanyaan dalam filsafat ngga ada habisanya, setelah dapat jawaban yang satu akan muncul lagi pertanyaan lainya tanpa ada ujungnya"

This is interesting I thought, betapa sebenarnya orang-orang yang berkecimpung dalam dunia filsafat itu tidak pernah puas, selalu bertanya, selalu penasaran, dan selalu menggali ilmu lain. Nah, sekarang tinggal tanya ke diri sendiri aja, kenapa gue jarang menggali rasa penasaran gue? Kenapa gue nampak selalu puas dengan jawaban yang ada? Dan gimana caranya gue mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dengan mengajukan pertanyaan yang berbeda dari orang lain?

Dari pelajaran filsafat kemarin jujur aja jadi membuat gue punya sangat banyak pertanyaan tentang apa sebenarnya filsafat itu sendiri. Karna tanpa ada filsafat ngga akan ada yang namanya ilmu psikologi, jurusan yang gue tekuni untuk kuliah sekarang.

Kenapa juga filsuf jaman dulu begitu rela minum racun dan ngelakuin hal gila lain daripada mempertahankan hidup mereka tapi ngga boleh jadi filsuf lagi? I personally think that's crazy. Udah ngga banyak manusia di jaman ini yang menghargai ilmu sebagaimana orang dulu. Padahal dalam kenyataannya ilmu itu berharga banget dan nabi juga memerintahkan untuk cari ilmu sampai ke negeri Cina, tapi kenapa setelah dapet ilmunya malah disia-siakan?
Contohnya aja nih, no offense ya orang-orang DPR itu kan harusnya pada pinter-pinter dan punya ilmu kan? tapi kok malah korup, nah itu ilmunya dikemanain?

Huah! jadi ngalor ngidul gini, ya intinya masih banyak pertanyaan gue yang belum terjawab di kelas kemaren, semoga pelan-pelan bisa terjawab.

Comments