Selamat Hari Puisi!

sejujurnya sih baru tau kalo hari ini hari puisi nasional, tapi kalo bikin puisi dan baca di depan kelas pasti semua orang ngerasa sering banget sejak SD. Dari SD sampe lulus SMA setiap tahun nya guru-guru gue pasti nyuruh murid-murid nya bikin puisi terus dibacain di depan kelas dari mulai tema perjuangan, keluarga, pengalaman menarik, sampai tema bebas yang bisa ditentuin sendiri. Kebiasaan disuruh bikin puisi ini yang sering bikin Rifsi kecil untuk bikin puisi buat orang-orang disekitarnya dan kebiasaan itu kebawa sampe sekarang hehehehehe. Gue menikmati bikin puisi walaupun sebagian besar gue nikmati untuk diri gue sendiri, puisi atau dalam garis besar bikin karangan apapun bentuknya adalah salah satu cara gue "escape" dari segala penat di kepala.

Puisi sangat membuat otak gue "ngalir" atau bahkan kadng bleberan kaya kali ciliwung di musim hujan, karna sayang kalo ngga ditampung jadi sebagian banyak puisi gue ada di note handphone. Ada kalanya gue baca lagi puisi-puisi itu dan ngebawa memori gue kembali ke saat gue menulisnya ya kadang manis kadang juga pahit. Gue sendiri ngga banyak tau siapa aja penulis puisi di Indonesia dan aliran apa aja yang ada dalam puisi, paling yang gue tau itu ya dari pelajaran pas SMA. Tapi gue cinta nulis puisi, puisi buat gue punya nyawa, dia beremosi, dia berperasaan, dan yang terpenting semakin rumit dia semakin ingin dimengerti. Buat gue puisi selalu ngerti penulisnya, dia memang diam tapi dia mengerti, abis nulis pasti lega atau pernah juga kaget sendiri bisa-bisanya gue nulis begitu hahahaha tapi pokoknya asik lah.





dari setiap kata yang aku tuang
kertas-kertas itu seakan merasakan apa yang aku maksud
guratan tinta yang aku gores
menghitam, ingin tau lebih banyak
mereka mungkin lebih mengerti aku dibanding diriku sendiri
hidup dalam otak ku adalah kata
setiap apa yang kulihat dibelakangnya selalu ada ribuan kata yang bisa begitu saja muncul dan kubuat sajak
dalam semua cita dan cinta yang aku tulis
puisi-puisi itu seakan begitu saja terangkai lalu menari dalam jemari
mereka selalu tau, selalu mengerti
aku tidak butuh banyak, cuma secarik kertas dan tinta untuk menulis
akan aku ceritakan pada mereka apa yang aku rasa
seakan tau segalanya, mereka selalu berhasil menarik penat, bosan, dan gundah
sihir dalam tinta itu tak pernah ada obatnya
aku bahkan terbuai dalam sihirnya, terlalu agung untuk aku tolak
kertas halus itu begitu beracun
paduan mereka selalu membawaku pada relaksasi terdalam
setiap lembar puisiku, adalah alunan otak ku
kadang terlalu indah untuk aku buang, sering juga terlalu pahit kubaca kembali




Comments