#PTI Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Akademik

Teknologi Informasi yang sangat berkembang pesat pada era modern ini sangat mempengaruhi proses belajar mengajar. Kemajuan besar yang sangat terlihat salah satunya adalah internet, internet menjadi salah satu instrumen belajar mengajar yang sangat berguna. Bahkan internet dan teknologi informasi lainya terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik siswa di berbagai instansi akademik. Dalam masa dimana dunia makin mudah terhubung ini, baik peserta didik maupun pengajar harus mampu berkompetisi secara sehat, salah satunya menguasai teknologi informasi.

Di universitas misalnya, studi yang menggunakan teknologi informasi didalamnya akan memudahkan mahasiswa untuk melakukan penelitian, bagi dosen atau para pengajar teknologi informasi khususnya internet mempermudah untuk mengembangkan kurikulum. Sebagai contoh konkrit sehari-hari peserta didik yang menggunakan gadget baik salam proses belajar mandiri ataupun belajar di kelas biasanya memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dibanding peserta didik lain yang tidak menggunakan gadget (misal: laptop) di kelas. Begitu pula dengan pengajar yang menggunakan gadget di kelas biasanya menjadi lebih interaktif dan powerful dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bagaimana dampak teknologi informasi terhadap prestasi akademik, diantaranya:

1. Kulik's Meta Analysis Study
Dalam penelitian ini James Kulik (1994) menggunakan penelitian dengan teknik meta-analysis untuk membuktikan pengaruh computer-based study terhadap prestasi akademik, dan dalam penelitian ini dibuktikan beberapa dampak positif yaitu:
  • Siswa dapat belajar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat, hal ini membuktikan teknologi informasi memberikan dampak efisiensi terhadap proses belajar.
  • Siswa lbih menyukai kelas yang menggunakan sistem computer-based sehingga perkembangan pembelajaran menjadi lebih baik serta siswa dapat menunjukan sikap yang positif
2. Sivin-Kachala's Review of The Research
Jay Sivin-Kachala (1998) melakukan penelitian terhadap 219 kasus pada tahun 1990-1997 tentang efek yang diberikan teknologi terhadap prestasi belajar, dan kembali membuktikan beberapa dampak positif, dintaranya:
  • Siswa yang berada dalam lingkungan kaya teknologi mengalami dampak positif dalam berprestasi di berbagai mata pelajaran
  • Sejak masa pra-sekolah siswa yang berada dalam lingkungan kaya teknologi dapat berprestasi lebih baik hingga jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  • Sikap yang ditunjukan dalam proses belajar juga postif, serta siswa lebih mudah dalam memberntuk self-concept nya.
3. The Apple Classroom of Tomorrow
ACOT memberikan pembelajaran teknologi interaktif dalam proses belajar mengajar Program ini bertujuan untuk menggali siswa dan pengajar untuk dapat berinovasi, mendapat lebih banyak sumber belajar, dan melatih para pengajar untuk dapat mencar lebih banyak potensi yang dimiliki peserta didik. Program ini memberikan beberapa dampak positif:
  • Program ini memberikan pengalaman belajar-mengajar yang baru, dan mempernaiki kemampuan menyelesaikan masalah dengan pemberian alasan yang lebih baik pada siswa
  • Merubah cara mengajar lebih baik ke arah group-work yang lebih banyak ketimbang pengajaran dengan cara ceramah.
Dampak yang dibuktikan dalam penelitian lain, teknologi informasi membuat para siswa dan guru masuk lebih tepat waktu dan tidak suka membolos (Paul, Vander Zee, Rue & Swanson (1996)). Sebagai kesimpulan jika penggunaan teknologi informasi dapat dimaksimalkan dalam proses belajar mengajar maka dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Teknologi informasi yang digunakan secara maksimal dapat membantu peserta didik belajar mandiri dengan lebih mudah, karena teknologi informasi menyediakan informasi yang tidak terbatas. Selain itu peserta didik dapat lebih mudah terlibat dalam pemecahan masalah, pemberian alasan, dan belajar aktif. Dampak postitif juga dapat dirasakan pada data administratif instansi pendidikan. Melalui teknologi informasi instansi pendidikan dapat lebih mudah mengumpulkan data siswa, dan membentuk kurikulum terbaik yang akhirnya meningkatkan kemmapuan belajar mengajar di sekolah maupun universitas.










Sumber:

   Gulek, James Cengiz & Hakan Demirtaz. The Journal of Technology, Learning, and Assesment, Volume 3 Number 2. Learning With Technology: The Impact of Laptop Use on Student Achievement. Januari 2005 ( http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ983985.pdf )

   Schatcer, John. The Impact of Education Technology on Student Achievement: what The Most Current Research Has To Say. ( http://www2.gsu.edu/~wwwche/Milken%20report.pdf )

   Asdaque, Muhammad Musaud & Muhammad Nasir Khan. Journal of Education and Sosiology. Effect of Internet On The Academic Performance and Social Life of University Students In Pakistan. Desember 2010 ( http://www.academia.edu/1000534/EFFECT_OF_INTERNET_ON_THE_ACADEMIC_PERFORMANCE_AND_SOCIAL_LIFE_OF_UNIVERSITY_STUDENTS_IN_PAKISTAN )

   Reichstetter, Rosemary. Literature Review: Technology Use and Its Relevance on Academic Achievement, November 2002 ( http://www.wcpss.net/results/reports/2002/0246_tech_use_achievement_lit_review.pdf )

Comments