Perencanaan dan Pengorganisasian Manajemen





 Perencanaan dalam sebuah manajemen perusahaan diperlukan untuk membentuk suatu tujuan dan susunan strategi yang jelas demi kepentingan perusahaan. Perencanaan memberikan target yang jelas bagi karyawan dalam bekerja, serta memberikan tahap-tahap pekerjaan yang jelas ketika ingin mencapai suatu tujuan. Perencanaan dapat berbentuk formal maupun informal.
 Perencanaan berbentuk formal biasanya adalah perencanaan tertulis yang dibuat perusahaan dan diketahui oleh seluruh karyawan. Dari perencanaan formal tersebut tiap-tiap karyawan harus dapat mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukan, dan kapan harus dilakukan hal- hal yang diperlukan untuk mencapai target perusahaan. Sedangkan perencanaan informal adalah perencanaan yang di buat oleh masing-masing karyawan atau secara individu sesuai proses kognisi dan presepsi masing-masing karyawan untuk melaksanakan hasil dari perencanaan formal yang telah dibentuk.
 Perencanaan dilakukan agar perusahaan memiliki target yang jelas, dan pencapaian target tersebut dapat digunakan sebagai evaluasi untuk memajukan perusahaan lebih lanjut.




  Setelah perencanan dirasa matang, maka dalam pelaksaanya diperlukan pengorganisasian yang baik. Pengorganisasian ini dapat berupa penggabungan dua orang atau lebih dalam mengawasi perusahaan dan memastikan target-target perusahaan dapat tercapai. Organisasi perusahaan biasanya bersifat formal, orang-orang yang ditempatkan dalam organisasi perusahaan memiliki peran penting sebagai pengawas dan pengambil keputusan dalam perusahaan. Maka mereka harus dapat memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik demi tercapainya tujuan perusahaan.


Comments