#SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia
Arsitektur Komputer
Arsitektur dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda (Putra, 2014).
Menurut Sora (2014), dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer. Arsitektur von Neumann atau Mesin Von Neumann adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann pada tahun 1903 – 1957. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).
Terdapat
banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam hal
ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan.
Komputer yang paling umum adalah personal computer,
yang banyak digunakan di rumahrumah, sekolahsekolah, dan
kantorkantor bisnis. Personal computer merupakan bentuk
paling umum dari komputer desktop. Komputer
desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual
dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan
secara mudah di meja rumah dan kantor. Media penyimpanan
tersebut termasuk harddisk,
CDROM, dan disket.
Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari
personal computer dengan semua komponennya terpaket
dalam unit tunggal seukuran koper tipis. Workstation dengan kemampuan
input/output grafts resolusi tinggi, sekalipun masih tetap memakai
dimensi komputer desktop, namun memiliki daya
komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer.
Workstation seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan
desain interaktif.
Sekarang
kita mengamati lebih detil informasi yang ditangani
oleh suatu komputer. Sangat memudahkan
untuk mengkategorikan informasi ini baik sebagai instruksi
atau data. Instruksi, atau instruksi mesin, adalah perintah eksplisit
yang
- Mengarahkan transfer informasi dalam komputer dan antar komputer dan peralatan I/Onya
- Menetapkan operasi aritmatika dan logika yang akan dilaksanakan
Daftar
instruksi yang melakukan suatu tugas disebut program. Biasanya program
tersebut disimpan dalam memori. Prosesor kemudian mengambil
instruksi yang membentuk suatu program dari memori, satu
demi satu, dan melaksanakan operasi yang diinginkan. Komputer
sepenuhnya dikontrol oleh program yang tersimpan tersebut,
kecuali adanya kemungkinan interupsi eksternaloleh operator atau oleh peralatan
I/O yang terhubung ke mesin tersebut.
Komponen Arsitektur Komputer
Komponen pada arsitektur komputer dibagi menjadi 4 bagian
(Admin, 2014), yaitu :
1. Input
Input (masukan) adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer,
signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan
maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang
dimasukkan.
2. Proses
Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data
yang masuk kedalam komputer.
3. Penyimpanan
Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data
baik sementara atau selamanya.
4. Output
Output (keluaran) adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran
dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa
suara.
Kognisi manusia
Jean Piaget menyebut bahwa struktur kognitif ini sebagai
skemata (Schemas), yaitu kumpulan dari skema-skema. Seseorang individu dapat
mengikat, memahami, dan memberikan respons terhadap stimulus disebabkan karena
bekerjanya skemata ini. Skemata ini berkembang secara kronologis, sebagai hasil
interaksi antara individu dengan lingkungannya. Dengan demikian seorang
individu yang lebih dewasa memiliki struktur kognitif yang lebih lengkap
dibandingkan ketika ia masih kecil. Piaget memakai istilah scheme secara
interchangeably dengan istilah struktur.
Scheme adalah pola tingkah laku yang dapat diulang . Scheme
berhubungan dengan : (i) Refleks-refleks pembawaan ; misalnya bernapas, makan,
minum, (ii) Scheme mental ; misalnya scheme of classification, scheme of
operation. ( pola tingkah laku yang masih sukar diamati seperti sikap, pola
tingkah laku yang dapat diamati Jika schemas / skema / pola yang sudah dimiliki
anak mampu menjelaskan hal-hal yang dirasakan anak dari lingkungannya, kondisi
ini dinamakan keadaan ekuilibrium (equilibrium), namu ketika anak menghadapi
situasi baru yang tidak bisa dijelaskan dengan pola-pola yang ada, anak
mengalami sensasi disekuilibrium (disequilibrium) yaitu kondisi yang tidak
menyenangkan.
Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer,
dimana struktur manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu
sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara
fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian
-bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan,
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana
cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan
data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Kelebihan dan
kelemahan Struktur Kognisi :
Kelebihan :
1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan
tujuan yang jelas
2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu yang cukup lama.
2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari,
karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir
mereka
sumber:
Putra, A. M. N. (2014). Pengantar teknologi informasi. Padang: Institut Teknologi Padang.
Sora. (2014). Pengertian arsitektur komputer secara lebih jelas.http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html. Diakses pada tanggal 11Oktober 2015.
Winarto, J. (2015). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pendidikan.http://www.kompasiana.com/jokowinarto/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-dan-implementasinya-dalam-pendidikan_550094a28133115318fa799e. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2015.
Meliala, Adrianus (2003). Struktur kognisi tentang polisi (studi tiga tahap perkembangan anak-anak). vol.7 No. 1
Comments
Post a Comment