#SIP Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia

Arsitektur Komputer
Arsitektur dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda (Putra, 2014).

Menurut Sora (2014), dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer. Arsitektur von Neumann atau Mesin Von Neumann adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann pada tahun 1903 – 1957. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O).


Terdapat banyak  tipe  komputer  yang sangat bervariasi dalam hal ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan. Komputer yang paling umum adalah  personal computer, yang  banyak  digunakan di rumah­rumah, sekolah­sekolah, dan  kantor­kantor bisnis. Personal computer  merupakan bentuk  paling  umum dari  komputer  desktop. Komputer  desktop  memiliki unit pengolahan  dan penyimpanan, display visual dan unit output audio, dan keyboard  yang  dapat ditempatkan secara  mudah di meja rumah dan kantor. Media  penyimpanan tersebut termasuk  harddisk,
CD­ROM, dan disket. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal computer dengan semua komponen­nya terpaket dalam unit tunggal seukuran koper tipis. Workstation dengan kemampuan input/output grafts resolusi tinggi, sekalipun masih tetap  memakai dimensi komputer  desktop, namun memiliki daya  komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer. Workstation seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan desain interaktif.

Sekarang  kita  mengamati lebih  detil informasi yang ditangani oleh suatu  komputer. Sangat memudahkan  untuk mengkategorikan  informasi ini baik sebagai  instruksi atau data. Instruksi, atau instruksi mesin, adalah perintah eksplisit yang 
  • Mengarahkan transfer informasi dalam komputer  dan antar  komputer dan peralatan I/O­nya 
  • Menetapkan operasi aritmatika dan logika yang akan dilaksanakan 



Daftar  instruksi yang  melakukan  suatu  tugas disebut program. Biasanya program tersebut disimpan dalam memori. Prosesor kemudian mengambil instruksi yang membentuk  suatu  program dari memori, satu  demi satu, dan melaksanakan operasi yang diinginkan. Komputer  sepenuhnya dikontrol oleh  program yang tersimpan  tersebut, kecuali adanya  kemungkinan interupsi eksternaloleh operator atau oleh peralatan I/O yang terhubung ke mesin tersebut.



Komponen Arsitektur Komputer
Komponen pada arsitektur komputer dibagi menjadi 4 bagian (Admin, 2014), yaitu :

1.        Input
Input (masukan) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.

2.        Proses
Sebuah komponen komputer yang bekerja untuk mengolah data yang masuk kedalam komputer.

3.        Penyimpanan
Sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data baik sementara atau selamanya.

4.        Output
Output (keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Kognisi manusia
Jean Piaget menyebut bahwa struktur kognitif ini sebagai skemata (Schemas), yaitu kumpulan dari skema-skema. Seseorang individu dapat mengikat, memahami, dan memberikan respons terhadap stimulus disebabkan karena bekerjanya skemata ini. Skemata ini berkembang secara kronologis, sebagai hasil interaksi antara individu dengan lingkungannya. Dengan demikian seorang individu yang lebih dewasa memiliki struktur kognitif yang lebih lengkap dibandingkan ketika ia masih kecil. Piaget memakai istilah scheme secara interchangeably dengan istilah struktur.

Scheme adalah pola tingkah laku yang dapat diulang . Scheme berhubungan dengan : (i) Refleks-refleks pembawaan ; misalnya bernapas, makan, minum, (ii) Scheme mental ; misalnya scheme of classification, scheme of operation. ( pola tingkah laku yang masih sukar diamati seperti sikap, pola tingkah laku yang dapat diamati Jika schemas / skema / pola yang sudah dimiliki anak mampu menjelaskan hal-hal yang dirasakan anak dari lingkungannya, kondisi ini dinamakan keadaan ekuilibrium (equilibrium), namu ketika anak menghadapi situasi baru yang tidak bisa dijelaskan dengan pola-pola yang ada, anak mengalami sensasi disekuilibrium (disequilibrium) yaitu kondisi yang tidak menyenangkan.

Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur komputer, dimana struktur manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian -bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. Sedangkan, Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).

Kelebihan dan kelemahan Struktur Kognisi :
Kelebihan :
1.      Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
2.      Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
3.      Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal

Kekurangan :
1.      Membutuhkan waktu yang cukup lama.
2.      Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka















sumber:

Putra, A. M. N. (2014). Pengantar teknologi informasi. Padang: Institut Teknologi Padang.

Sora. (2014). Pengertian arsitektur komputer secara lebih jelas.http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html. Diakses pada tanggal 11Oktober 2015.

Winarto, J. (2015). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implementasinya dalam pendidikan.http://www.kompasiana.com/jokowinarto/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-dan-implementasinya-dalam-pendidikan_550094a28133115318fa799e. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2015.

Meliala, Adrianus (2003). Struktur kognisi tentang polisi (studi tiga tahap perkembangan anak-anak). vol.7 No. 1

Comments